iklan

iklan

Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Selasa, 20 Februari 2024

Asesmen Bakat Minat (ABM)

 


Siswa SMPN 13 Kota Serang mengikuti Asesmen Bakat Minat (ABM) 2024. Kegiatan ini  dilaksanakan pada tanggal 19 – 23  Februari 2024, SMPN 13  Kota Serang .

Asesmen Bakat Minat atau ABM dibuka untuk siswa SMP, MTs, SMPK, SMPTK, dan MWP kelas 9 di Indonesia. Tujuannya untuk menelusuri bakat dan minat melalui pelayanan ABM. Tes ABM akan mengukur kemampuan atau potensi umum seseorang pada bidang-bidang khusus dan minat seseorang berdasarkan ketertarikannya pada suatu jenis kegiatan atau pekerjaan tertentu. Bertujuan memprediksi kemampuan seseorang dalam menguasai hal baru pada pekerjaan ataupun program pendidikan selanjutnya. ABM diharapkan dapat membuat arah pengembangan lebih jelas dan terencana.

Asesmen Bakat dan Minat adalah tes yang mengukur potensi setiap peserta didik untuk memprediksi kemampuan dan ketertarikannya di bidang-bidang tertentu. Potensi yang dimaksud berkaitan dengan bidang pendidikan maupun pekerjaan. Bisa disimpulkan, Asesmen Bakat Minat merupakan tes yang berfungsi mendeteksi bakat yang dimiliki seseorang dan kecenderungan minatnya. Bakat dan minat peserta didik ini akan dipetakan berdasarkan sejumlah aspek yang terukur. ABM tidak sama dengan tes prestasi yang mengukur level kemampuan akademik. Sebab, Asesmen Bakat Minat tidak dirancang mengikuti silabus mata pelajaran tertentu. Kualitas jawaban dalam ABM akan bergantung pada daya nalar peserta.