iklan

iklan

Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Rabu, 13 Desember 2023

Osis Smpn 13 Kota Serang Menggelar Class Meeting

 


                Class Meeting adalah sebutan untuk pekan setelah Penilaian Akhir Semester. Pada pekan ini, semua siswa sudah selesai menjalani SAS (sumatif akhir semester)  yang lumayan membuat stress. Dengan adanya pekan ini, berarti semua pembelajaran dan materi pada semester tersebut juga sudah selsesai , maka perlu  diadakanlah kegiatan Class Meeting, satu pekan dimana semua orang ambil alih untuk mengharumkan nama kelas. Kegiatannya pun banyak dan bermacam-macam. Ada kelompok lomba olahraga dan ada juga yang non olahraga.

        Untuk olahraga, pasti yang paling populer dilombakan adalah bola, voli, dan basket. Untuk yang non-olahraga, ada membaca puisi, mengarang, cerdas cermat, dll.

Tujuan Class Meeting

    Diadakannya class meeting bukan berarti tanpa tujuan yang jelas. Class meeting memiliki tujuan yang dampaknya baik tidak hanya bagi siswa namun juga bagi guru. Berikut ini beberapa tujuannya.

1. Mengisi jam kosong

Seperti telah disinggung di awal artikel ini, semua materi pembelajaran sudah habis. Itu artinya tidak ada kegiatan yang wajib dilakukan di dalam kelas lagi.

Semua siswa memiliki banyak waktu jam kosong. Sayang rasanya kalau dimanfaatkan hanya untuk gabut di kelas atau nongkrong di kantin. Lebih baik ikut lomba perlombaan

2. Memupuk kekompakan kelas

Dengan banyaknya perlombaan, semua siswa anggota kelas harus saling tahu jadwal masing-masing. Dengan terbatasnya jumlah personil di kelas, ada kemungkinan satu orang bisa ikut berbagai cabang.

Itu artinya semua harus kompak. Yang tidak ikutan pun bisa ikutan sibuk dengan melengkapi administrasi kelas seperti mendaftarkan nama kelas ke panitia perlombaan.

3. Menjalin komunikasi sesama siswa

Sudah barang tentu, komunikasi sesama siswa pun terjalin dengan baik dengan adanya class meeting. Sudah bukan hal yang aneh bahwa dikelas ada yang namanya gang-gangan atau kelompok-kelompok berbeda.

Hal itu wajar saja kok karena semua orang punya minat berbeda dalam hidupnya. Ada gang yang suka main game, ada yang suka belajar, dan ada juga tim rebahan.

Memang terpisah-pisah tapi kalau sudah ada class meeting, semua bersatu!